Latest News

Selengkapnya Diteruskan DI NEWS.TOPSEKALI.COM

Friday, September 14, 2018

15 Gubernur Ini Tegaskan Dukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019


Akan terus Tambah !!!          (Viralkan ke WA n FB)  

15 Gubernur Ini Tegaskan Dukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019

Berikut 15 gubernur yang sudah menyatakan dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf dan gubernur lainnya yang kemungkinan besar juga akan mengambil sikap yang sama:

1. Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru
"Hari ini kami mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 yang akan datang. Kami siap untuk memenangkan mereka di sini," terang Gubernur Sumsel terpilih Herman Deru di Posko Sumsel Bersatu Palembang, Minggu 9 September 2018.
Dukungan 2 periode terhadap Jokowi ini disebut Herman Deru terus mengalir usai dirinya terpilih sebagai Gubernur. Bahkan semakin solid saat Jokowi memilih wakil Ma'ruf Amin.
"Ini sebenarnya ribuan relawan yang juga memenangkan HD-MY di Pilgub Sumsel. Sedangkan saya sendiri mendukung hari ini bukan karena terpilih sebagai gubernur saja, tapi dari tahun 2014 lalu saya telah mendukung Pak Jokowi," kata Herman Deru.
2. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan dukungannya untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Keputusan itu tak lepas dari dukungan partai pendukung Jokowi yang berkontribusi memenangkannya dalam Pilkada Jabar 2018.
"Saya kira saya mah sudah clear dari sejak kampanye juga enggak ada perubahan. Jadi tidak perlu dipolemikkan lagi, tinggal tunggu momentumnya saja nanti di waktu yang tepat. Iya insyaallah (mendukung Jokowi)," ucap Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Minggu 12 September 2018.
Namun, Emil mengaku belum mendapat arahan untuk terlibat dalam tim sukses.
"Saya belum ada yang menghubungi secara teknis, jadi nanti saya jawab pada saatnya tiba," ucap Emil.

3. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan kader PDIP, gerbong utama koalisi partai penyokong Jokowi-Ma'ruf. Ganjar mengaku akan mengambil cuti agar bisa berkampanye pada Pilpres 2019.
"Saya ini PDIP, partainya sama Pak Jokowi, jadi harus dukung. Enggak usah diminta, harus inisiatif. Aku akan cuti kalau kampanye," ujar Ganjar, Rabu 5 September 2018.

4. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan dukungannya kepada Presiden Joko Widodo dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Pada Pilpres 2019, Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin yang merupakan Ketua MUI dan Rais Syuriah PBNU.
"Saya dari awal menyampaikan saya berseiring dengan Pak Jokowi," kata Khofifah di Malang, Jawa Timur, Senin 13 September 2018.
Namun, untuk menyamakan visi, Khofifah menegaskan kalau dia masih butuh komunikasi secara intens dengan semua elemen pendukungnya di Pilgub Jawa Timur agar bisa memberikan dukungan kepada Jokowi.
"Nah, relasi-relasi, aliansi-aliansi, afiliasi-afiliasi, tentu kita akan membangun komunikasi kembali. Interaksitas dan interaksi komunikasi itu akan ter-update ke teman-teman, insyaallah dalam waktu dekat," kata Khofifah.
5. Gubernur Bali Wayan Koster
Gubernur Bali Wayan Koster mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh isu ganti presiden dalam Pemilu Presiden 2019. Pasalnya, hanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dalam waktu lima tahun mampu menuntaskan sejumlah proyek raksasa bidang infrastruktur yang sempat mangkrak.
"Jangan terpengaruh isu ganti presiden, nggih! Pak Jokowi itu presiden yang hebat. Hanya cukup lima tahun, Beliau bisa menuntaskan proyek-proyek besar bidang infrastruktur yang tidak bisa diselesaikan presiden lainnya (sebelumnya)," ujar Koster di Denpasar pada Senin 18 Juni 2018.
Koster kemudian menuturkan, dia pada tahun 2014 ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk Provinsi Bali.
"Tiyang (saya) tahun 2019 (Pilpres 2019) akan lagi jadi Ketua Tim Pemenangan Pak Jokowi (untuk Bali). Sarengin nggih (mari bersama-sama dukung ya), mudah-mudah bisa menang 80 persen," kata Koster.

6. Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi
Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi membuktikan dukungannya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan mundur dari Partai Demokrat.
Surat pengunduran dirinya ini langsung disampaikan TGB melalui surat kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
"Apresiasi yang saya sampaikan kepada Beliau itu pada kunjungan keempat tahun lalu. Saya menyampaikan harapan dan apresiasi bahwa apa yang bapak laksanakan ini perlu dituntaskan, tidak hanya untuk NTB, tapi juga Indonesia," ujar TGB saat berkunjung ke kantor Liputan6.com, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa 24 Juli 2018.
Menurut TGB, ada dua alasan utama dia mendukung Jokowi menjadi presiden untuk dua periode.
"Bapak Joko Widodo ini relevan untuk kebutuhan Indonesia. Berorientasi pada hasil dan berusaha membuat terobosan-terobosan," jelas TGB.
Alasan kedua, yakni untuk keberlanjutan kepemimpinan. "Karena pembangunan itu sangat massif. Saya semakin kuat menyampaikan apresiasi dan saya juga mengharapkan seluruh yang dilaksanakan itu tuntas," ujar TGB.
"Dalam pandangan saya memang tidak cukup hanya saya 1 term," TGB menegaskan.

7. Gubernur NTT Viktor Laiskodat
Gubernur NTT Viktor Laiskodat mengatakan, dirinya mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Meski begitu, dia menuturkan tak akan turun ikut kampanye, karena yakin jagoannya akan meraih kemenangan di NTT.
"Kalau NTT, tanpa Gubernur NTT Sudah menang. Rakyat NTT cinta Jokowi. Jadi kita enggak usah kerja. Jokowi sudah kuat sekali," ucap Victor di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu 5 September 2018.
Dia pun menyebut Tim Pemenangan tak perlu lagi fokus di NTT. Cukup berusaha di Jawa saja.
"Jadi kita enggak usah kerja di NTT, kerjanya di Jawa saja," ungkap politisi NasDem ini.
Menurut dia, faktor yang merasa yakin juga, karena selama menjadi Presiden, Jokowi acap kali mengunjungi provinsi tersebut dan memberikan perhatian lebih untuk rakyat.
"Presiden sudah 8 kali selama kepemimpinannya datang, belum pernah ada yang begitu beri perhatian kepada rakyat," tegas Viktor.
8. Gubernur Papua Lukas Enembe
Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, sepanjang sejarah Presiden RI, baru Jokowi yang lebih memahami masyarakat Papua.
"Jokowi lebih memahami Papua daripada presiden-presiden sebelumnya. Semua permasalahan di Papua dia memahami," ujar Lukas, Rabu 5 September 2018.
Dia optimistis dukungannya akan merembet hingga ke akar rumput. Lukas yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Papua itu mengaku siap diberi sanksi oleh partainya karena berbeda sikap di Pilpres 2019.
"Sanksi silakan saja. Harga mati, bungkus, tiga juta suara kita kasih semua ke Jokowi," tegas Lukas.

9. Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi
Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menyatakan kesediaannya mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di wilayahnya masing-masing. Dia menegaskan kesiapannya untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf di wilayahnya pada Pilpres 2019.
"Siap, siap, siap," kata Ali saat ditemui di DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (5/9/2018).
Meski begitu, Ali masih menunggu arahan terlebih dulu dari Ketua Umum Nasdem Surya Paloh untuk bergerak memenangkan Jokowi-Ma'ruf di wilayahnya. "Ya kita semua tergantung petunjuk Ketum. Ketum partai Nasdem itu yang akan kita jalankan," ujarnya.

10. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan akan mendukung calon presiden Joko Widodo atau Jokowi di pemilihan presiden 2019. Menurut Nurdin, masa kepemimpinan Jokowi perlu dilanjutkan.
"Tentu waktu tidak cukup lima tahun, kami bisa rasakan bagaimana seorang leader yang memiliki kepedulian terhadap daerah," kata Nurdin usai dilantik sebagai gubernur di Istana Negara, Jakarta, Rabu 5 September 2018.
Nurdin mengungkapkan, dirinya sudah cukup lama mengenal sosok Jokowi sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Bantaeng. Sehingga, ia merasa sudah menjadi satu tim bersama Jokowi.
"Beliau wali kota, saya Bupati Bantaeng. Beliau masuk gubernur, saya masih Bupati Bantaeng. Kemudian beliau jadi presiden, saya masih Bupati Bantaeng. Saya tahu langkah-langkah beliau, kami sudah satu tim," ujarnya.
Menurut Nurdin, kemajuan Indonesia memang masih dalam proses. Namun, ia meyakini akan ada masanya Indonesia menjadi negara kuat. Karena itu, ia menilai Jokowi tidak cukup jika hanya menjabat selama lima tahun.
"Kami berikan kesempatan lima tahun lagi supaya sempurna kerjaannya," kata dia.

11. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey
Petinggi DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara, Sandra Rondonuwu mengatakan, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin sangat cocok dengan ciri masyarakat Sulawesi Utara yang dikenal nasionalis dan religius.
Karena itu, menurut politisi yang akrab disapa Saron ini, jajaran partai melalui Ketua DPD PDIP Sulut yang juga Gubernur Sulut, Olly Dondokambey sudah menginstruksikan untuk mengamankan pasangan kebangsaan ini.
"Ketua Olly sudah menginstruksikan kepada kami kader partai agar mengamankan dan berkordinasi dengan teman-teman partai pengusung dan pendukung untuk memenangkan pasangan Jokowi-Amin di Sulut," ujar Saron, Sabtu 11 Agustus 2018.
Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat kordinasi dengan semua partai pendukung untuk melakukan pembagian kerja pemenangan Jokowi-Ma'ruf.
Di singgung seberapa besar persentase kemenangan yang ditargetkan, Saron tidak mau sesumbar, tapi berdasarkan hasil Pilpres 2014, maka pihaknya optimistis kali ini akan lebih besar atau bisa mencapi hingga 70%.

12. Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji bersedia mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di wilayahnya masing-masing. Sutarmidji mengatakan bahwa dirinya telah siap untuk memenangkan Jokowi di Provinsi Sulawesi Tenggara pada Pilpres 2019.
"Oh Siap, siap," kata Sutarmidji saat ditemui di DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (5/9/2018).
Dia mengatakan bakal berkoordinasi terlebih dulu dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) terkait bentuk dukungan yang bisa diberikan oleh kepala daerah guna membantu pemenangan bagi Jokowi-Ma'ruf.
Hal itu bertujuan agar dirinya tak melanggar aturan yang diatur KPU dan Bawaslu terkait kampanye bagi para kepala daerah di Pilpres mendatang.
"Jadi memang belum ada gambaran. Nanti kita akan koordinasi dengan tim pemenangan ya," kata dia.

13. Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak
Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mendeklarasikan diri sebagai Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Presiden RI Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Awang menargetkan 70 persen masyarakat Kaltim mendukung Jokowi dengan persentase minimal 63 persen suara.
"63 persen itu angka minimal. Maksimalnya mendekati 100 (persen). Kenapa tidak, saya yakin saya akan memenangkan Jokowi," tutur Awang, Kamis 6 September 2018.
Awang menjelaskan pilihannya mendukung Jokowi. Ia menilai Jokowi orang yang rendah hati dan sukses membangun Indonesia. Infrastruktur terbangun dan ekonomi meningkat.
Ia mengaku sangat merasakan peningkatan pembangunan di Kaltim di masa pemerintahan Jokowi. Tidak hanya di perkotaan, tapi hingga ke pedalaman, pedesaan, dan daerah-daerah terpencil.
"Tiga T, terpencil dan terluar semua dibangun. Jokowi itu sukses membangun Indonesia. Saya berharap besar pada Jokowi," beber Awang.
Untuk itu, dia membangun kekuatan untuk Jokowi. Mulai dari semua pimpinan partai pengusung di wilayah Kaltim, hingga organisasi-organisasi dan relawan untuk Jokowi.
"Hampir semua kepala daerah merapat ke Jokowi, yang di Kaltim juga. Tapi mereka tidak sebagai kepala daerah, tapi sebagai anggota parpol dan relawan Jokowi," pungkas Awang.
14. Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mendukung kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dua periode. Ia mendukung Jokowi di periode kedua nanti.
Ungkapan Sugianto disampaikan saat menjamu Jaksa Agung M Prasetyo di Istana Isen Mulang Palangka Raya, Sabtu 4 Agustus 2018 dalam sebuah acara ramah tamah dan jamuan santap malam.
"Saya mendukung Pak Jokowi dua periode. Bukan karena satu partai atau apa, tetapi lebih kepada pembangunan semasa kepemimpinan Beliau ini kelihatan dan dirasakan," kata Sugianto.

15. Wakil Gubernur Terpilih Maluku Utara Rivai Umar
Wakil Gubernur terpilih dalam Pilkada Maluku Utara 2018, Rivai Umar, menyatakan dukungannya untuk Presiden RI Joko Widodo pada Pemilu Presiden 2019.
"Kami mendukung Pak Jokowi. Siapa pun wakilnya kami tetap dukung," ujar Rivai di Jakarta, Kamis 19 Juli 2018.
Rivai mengaku, dukungan yang ia berikan tersebut bukan tanpa alasan. Salah satunya karena program Jokowi, terutama dalam bidang infrastruktur. Misalnya program Tol Laut yang dianggap dapat menghubungkan pulau-pulau di Maluku Utara.
"Bisa membantu melancarkan proses distribusi barang dan jasa," kata dia.
Karena itu, sebagai wakil kepala daerah terpilih ia berkomitmen memberikan dukungannya untuk Jokowi pada pilpres mendatang.
"Kami berupaya memenangkan Pak Jokowi pada 2019. Karena periode lalu tidak menang di Maluku Utara," kata dia.
Rivai Umar merupakan Wakil Gubernur Maluku Utara terpilih Ahmad Hidayat Mus. Pasangan ini memenangkan Pilkada 2018 dan telah ditetapkan oleh KPU Maluku Utara sebagai pemenang. Partai Golkar dan PPP menjadi partai politik pengusung pasangan calon tersebut di Pilkada lalu.
Namun, pada Maret 2018, Ahmad Hidayat Mus ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kapasitasnya sebagai Bupati Kepulauan Sula periode 2005-2010.

*Sumber: https://www.liputan6.com/pilpres/read/3641817/15-gubernur-ini-tegaskan-dukung-jokowi-maruf-di-pilpres-2019

No comments:

Post a Comment

Tags

Analisis Politik (275) Joko Widodo (150) Politik (106) Politik Baik (64) Berita Terkini (59) Jokowi (58) Pembangunan Jokowi (54) Lintas Agama (31) Renungan Politik (31) Perang Politik (29) Berita (27) Ekonomi (25) Anti Radikalisme (24) Pilpres 2019 (23) Jokowi Membangun (22) Perangi Radikalisme (22) Pembangunan Indonesia (21) Surat Terbuka (20) Partai Politik (19) Presiden Jokowi (19) Lawan Covid-19 (18) Politik Luar Negeri (18) Bravo Jokowi (17) Ahok BTP (14) Debat Politik (14) Radikalisme (13) Toleransi Agama (12) Caleg Melineal (11) Menteri Sri Mulyani (11) Perangi Korupsi (11) Berita Hoax (10) Berita Nasional (9) Education (9) Janji Jokowi (9) Keberhasilan Jokowi (9) Kepemimpinan (9) Politik Kebohongan (9) Tokoh Dunia (9) Denny Siregar (8) Hidup Jokowi (8) Anti Korupsi (7) Jokowi Hebat (7) Renungan (7) Sejarah Penting (7) Selingan (7) imlek (7) Ahok (6) Health (6) Perangi Mafia (6) Politik Dalam Negeri (6) Gubernur DKI (5) Jokowi Pemberani (5) KPK (5) Khilafah Makar (5) Kisah Nyata (5) Lawan Radikalisme (5) NKRI Harga Mati (5) Negara Hukum (5) Partai PSI (5) Pengamalan Pancasila (5) Pilkada (5) Refleksi Politik (5) Teknologi (5) hmki (5) kota tangsel (5) natal (5) pengurus (5) peresmian (5) relawan (5) Anti Teroris (4) Bahaya Khalifah (4) Berita Baru (4) Dugaan Korupsi (4) Indonesia Maju (4) Inspirasi (4) Kebudayaan Indonesia (4) Lagu Jokowi (4) Mahfud MD (4) Menteri Pilihan (4) Pancasila (4) Pendidikan (4) Pileg 2019 (4) Politik Identitas (4) Sejarah (4) Tokoh Masyarakat (4) Tokoh Nasional (4) Vaksin Covid (4) Adian Napitupulu (3) Adudomba Umat (3) Akal Sehat (3) Analisa Debat (3) Artikel Penting (3) Atikel Menarik (3) Biologi (3) Brantas Korupsi (3) Breaking News (3) Covid-19 (3) Demokrasi (3) Dewi Tanjung (3) Hukum Karma (3) Karisma Jokowi (3) Kelebihan Presiden (3) Kesaksian (3) King Of Infrastructur (3) Lagu Hiburan (3) Makar Politik (3) Melawan Radikalisme (3) Musibah Banjir (3) Nasib DKI (3) Nasihat Canggih (3) Negara Maju (3) Negara Makmur (3) Nikita Mirzani (3) PKN (3) Pembubaran Organisasi (3) Pemilu (3) Pendidikan Nasional (3) Pendukung Jokowi (3) Penegakan Hukum (3) Poleksos (3) Politik Adudomba (3) Rekayasa Kerusuhan (3) Rencana Busuk (3) Revisi UUKPK (3) Sederhana (3) Tanggung Jawab (3) Testimoni (3) Tokoh Revolusi (3) Waspada Selalu (3) barongsai (3) jakarta (3) Ada Perubahan (2) Agenda Politik (2) Akal Kebalik (2) Akal Miring (2) Anggaran Pemprov (2) Antusias Warga (2) Arsitektur Komputer (2) Basmi Mafia (2) Basmi Radikalisme (2) Beda Partai (2) Berita Internasional (2) Budiman PDIP (2) Capres Cawapres (2) Cinta Tanah Air (2) Dasar Negara (2) Denny JA (2) Erick Thohir (2) Etika Menulis (2) Filsafat (2) Fisika (2) Free Port (2) Gerakan Budaya (2) Gereja (2) Himbauan (2) Information System (2) Isu Sara (2) Jaga Presiden Jokowi (2) Jalan Toll (2) Jenderal Pendukung (2) Jihat Politik (2) Jokowi Commuter (2) Jokowi Guru (2) Jokowi Motion (2) Kabinet II Jokowi (2) Kasus Hukum (2) Kasus Korupsi (2) Kehebatan Jokowi (2) Kemajuan Indonesia (2) Kemanusiaan (2) Kerusuhan Mei (2) Komputer (2) Komunikasi (2) Kriminalisasi Ulama (2) Langkah DPRD-DPR (2) Lawam Penghianat Bangsa (2) Lawan Fitnah (2) Mafia Indonesia (2) Media Sosial (2) Menteri Susi (2) Merakyat (2) Miras (2) Motivasi (2) Nilai Rupiah (2) Olah Raga (2) Opini (2) Pembangunan Pasar (2) Pemimpin Pemberani (2) Pengadilan (2) Pengatur Strategi (2) Penjelasan TGB (2) Penyebar Hoax (2) Perangi Terroriis (2) Pidato Jokowi (2) Political Brief (2) Politik ORBA (2) Program Jokowi (2) Raja Hutang (2) Relawan Jokowi (2) Ruang Kesehatan (2) Sampah DKI (2) Selengkapnya (2) Sertifikat Tanah (2) Simpatisan Jokowi (2) Suka Duka (2) Sumber Kekuasaan (2) Survey Politik (2) Tegakkan NKRI (2) Tenaga Kerja (2) Tirta Memarahi DPR (2) Toll Udara (2) Transparan (2) Ucapan Selamat (2) Ulasan Permadi (2) Ultah Jokowi (2) Undang Undang (2) amandemen (2) jokowi 3p (2) jokpro (2) news (2) perjuangkan (2) Adek Mahasiswa (1) Aksi Gejayan (1) Aksi Makar (1) Alamiah Dasar (1) Ancaman Demokrasi (1) Andre Vincent Wenas (1) Anggarana Desa (1) Anies Dicopot (1) Ansor Banten (1) Antek HTI (1) Anti Cina (1) Anti Terrorris (1) Anti Vaksin (1) Anti Virus (1) Arti Corona (1) Aset BUMN (1) Atheis (1) BIN (1) BTP (1) Bahasa Indonesia (1) Bahaya Isis (1) Bangkitkan Nasionalisme (1) Bangsa China (1) Bank Data (1) Bantu Dishare (1) Basuki Tjahaya Purnama (1) Bawah Sadar (1) Bencana Alam (1) Berani Karena Jujur (1) Berani Melapor (1) Binekatunggal Ika (1) Bintang Mahaputera (1) Bisnis (1) Bongkar Gabeneer (1) Bravo Polri (1) Bravo TNI (1) Budiman Sujatmiko (1) Bumikan Pancasila (1) Bunuh Diri (1) Busana (1) Buya Syafii Maarif (1) Calon Menteri (1) Cari Panggung Politik (1) Cctvi Pantau (1) Cendekia (1) Croc Brain (1) Cudu Nabi Muhammad (1) Cybers Bots (1) Daftar Tokoh (1) Dagang Sapi (1) Danau Toba (1) Data Base (1) Demo Bingung (1) Demo Gagal (1) Demo Mahasiswa (1) Demo Nanonano (1) Demokrasi Indonesia (1) Deretan Jenderal (1) Dewan Keamanan PBB (1) Digital Divelovement (1) Dosa Kolektif (1) Dubes Indonesia (1) Ekologi (1) Extrimis (1) FBR Jokowi (1) Faham Khilafah (1) Filistinisme (1) Filosofi Jawa (1) Fund Manager (1) G30S/PKI (1) GPS Tiongkok (1) Gagal Faham (1) Gaji Direksi (1) Gaji Komisaris (1) Gaya Baru (1) Gelagat Mafia (1) Geografi (1) Gerakan (1) Gerakan Bawah Tanah (1) Gibran (1) Grace Natalie (1) Gubernur Jateng (1) Gus Nuril (1) Gusti Ora Sare (1) HTI Penunggang (1) Hadiah Tahun Baru (1) Hari Musik Nasional (1) Hiburan (1) Hukuman Mati (1) Hypnowriting (1) Identitas Nusantara (1) Illegal Bisnis (1) Ilmu Pengetahuan (1) Ilusi Identitas (1) Imperialisme Arab (1) Indonesia Berduka (1) Indonesia Damai (1) Indonesia Hebat (1) Injil Minang (1) Intermezzo (1) Internet (1) Intoleransi (1) Investor Asing (1) Islam Nusangtara (1) Istana Bogor (1) Isu Agama (1) Isu Politik (1) J Marsello Ginting (1) Jadi Menteri (1) Jalur Gaza (1) Jangan Surahkan Indonesia (1) Jembatan Udara (1) Jenderal Moeldoko (1) Jenderal Team Jkw (1) Jilid Milenial (1) Jiplak (1) Jokowi 3 Periode (1) Jokowi Peduli (1) Jualan Agama (1) Jurus Pemerintah (1) Jusuf Kalla (1) Kadrun (1) Kambing Hitam (1) Kampus Terpapar Radikalisme (1) Kasus BUMN (1) Kasus Keluarga (1) Kebusukan Hati (1) Kecelakaan (1) Kehilangan Tuhan (1) Kehilangan WNI (1) Kekuasaan (1) Kekuatan China (1) Kemengan Jokowi (1) Kena Efisensi (1) Kepribadian (1) Keputusan Pemerintah (1) Kerusuhan 22 Mei (1) Kesaksian Politikus (1) Keseahatan (1) Ketum PSI (1) Kitab Suci (1) Kode Etik (1) Komnas HAM (1) Komunis (1) Konglomerat Pendukung (1) Kopi (1) Kota Bunga (1) Kota Misteri (1) Kota Modern (1) Kota Zek (1) Kredit Macet (1) Kuliah Uamum (1) Kunjungan Jokowi (1) Kurang Etis (1) LPAI (1) Lagu Utk Jokowi (1) Lahan Basah (1) Larangan Berkampanye (1) Larangan Pakaian (1) Lawan Rasa Takut (1) Leadership (1) Legaci Jokowi (1) Lindungi Jokowi (1) Lintas Dinamika (1) Luar Biasa (1) MPG (1) Mabok Agama (1) Mafia Ekonomi (1) Mafia Tanah (1) Mahakarya (1) Mahkamah Agung (1) Manfaat Vaksin (1) Mari Tertawa (1) Masa Kampanye (1) Masalah BUMN (1) Matematika (1) Membunuh Sains (1) Mempengaruhi Musuh (1) Mempengaruhi Orang (1) Mendisplinkan Siswa (1) Mengharukan (1) Menghasut Pemerintah (1) Menghina Lambang Negara (1) Mengulas Fakta (1) Menjaga Indonesia (1) Menjaga Jokowi (1) Menjelang Pemilu (1) Menjlang Pelantikan (1) Menko Polhukam (1) Menteri (1) Menteri Agama (1) Menteri Sosial (1) Menydihkan (1) Mesin Pembantai (1) Minuman Keras (1) Model Tulisan (1) Muhamad Ginting (1) Mumanistik (1) Muslim Prancis (1) Musu RI (1) Musuh Dlm Selimut (1) Obat Tradisional (1) Oligarki (1) Omnibus Law (1) Oramas Terlarang (1) Orang Baik (1) Orang Beragama (1) Orang Bodoh (1) Orang Kaya (1) Ormas Islam (1) Otak Kebalik (1) Overdosis Haram (1) PHK dan Buruh (1) Palestina (1) Panduan (1) Pantau Jakarta (1) Para Makar (1) Parawisata (1) Partai Baru (1) Partai Komunis (1) Pasar Murah (1) Pelarian (1) Pembayaran Utang Negara (1) Pembela Rakyat (1) Pembumian Pancasila (1) Pemerintahan Jayabaya (1) Pemilihan Presiden (1) Pemprov DKI (1) Pencerahan (1) Pencucian Uang (1) Pendukung Lain (1) Penebaran Virus so (1) Pengacau Negara (1) Pengalaman (1) Pengangguran (1) Pengaruh (1) Pengertian Istilah (1) Pengertian Otoritas (1) Penggulingan Rezim (1) Penghianat Bangsa (1) Pengobatan (1) People Power (1) Perang Dunia III (1) Perangi Tetroriis (1) Peraturan (1) Perayaan Natal (1) Percobaan (1) Perguruan Tinggi (1) Peringatan Keras (1) Peristiwa Mei 1998 (1) Pernikahan (1) Pernyataan ISKA (1) Pertamina (1) Pertemuan Politik (1) Pesan Gus Nuril (1) Pesan Habib (1) Peta Politik (1) Pidato Prisiden RI (1) Pil Pahit Srilanka (1) Pilkada 2018 (1) Pilkada Solo (1) Pilpres Curang (1) Pimpinan MPR (1) Politik Agama (1) Politik Catur Jkw (1) Politik Kepentingan (1) Politik LN (1) Politik Uang (1) Politikus (1) Pollitik (1) Profesional (1) Propaganda (1) Propaganda Firehose (1) Psikoanalisa (1) Psikologi Praktis (1) Puisi (1) Pulau Terindah (1) Quick Count (1) RUU Kadrun (1) Raja Bonar (1) Raja Debat (1) Raksasa (1) Rakyat Kecil (1) Realita Politik (1) Rekam Jejak (1) Rekapitulasi DPS (1) Reklamasi Pulau (1) Remix Sunda (1) Rendah Hati (1) Reungan Politik (1) Rhenald Kasali (1) Risma (1) Ruhut P Sitompul (1) Saksi Yehuwa (1) Sangat Canggih (1) Scandal BLBI (1) Seharah Pers (1) Sehat Penting (1) Sejarah Politik (1) Sekilas Info (1) Selamat Imlek (1) Sembuhkan Jiwasraya (1) Seni (1) Seniman Bambu (1) Shanzhai (1) Sidak Harga (1) Sidang MPR (1) Sigmun Freud (1) Silaturahmi (1) Sistem Informasi (1) Skema Kerusuhan (1) Skenario 22 Mei (1) Skenario Demonstrans (1) Skripsi (1) Soekarno (1) Stasiun KA (1) Suku Minang (1) Sumber Inspirasi (1) Super Power (1) Superkarya (1) Syirianisasi (1) System Informasi (1) TKA Siapa Takut (1) Tahun Kampret (1) Taliban (1) Tanda Kehormatan (1) Tanda Zaman (1) Tanggapan Atas Pidato (1) Tanya Jawab (1) Tebang Pilih (1) Teori Kepribadian (1) Terkaya Indonesia (1) Terorisme (1) Terrorisme (1) Tidak Becus Kerja (1) Tindakan Makar (1) Tingkat Kemiskinan (1) Tinjauan Filsafat (1) Tips dan Trik (1) Toleransi Identitas (1) Travelling (1) Tuan Rumah (1) Tukang Kayu (1) UU Cipta Kerja (1) Ucapan Gong Xi Fat Choi (1) Ulama Bogor (1) Ulasan Berita (1) Ulasan Suriah (1) Ustadz Bangsa (1) Via Vallen (1) Virus Covid-15 (1) Wajib Baca (1) Wakil Tuhan (1) Wali Kota (1) Wanita Kartini (1) Wewenang (1) Yusril Blakblakan (1) breaing news (1) karo (1) kontemporer (1) tari (1)