Latest News

Selengkapnya Diteruskan DI NEWS.TOPSEKALI.COM

Monday, January 6, 2020

Analisis Lebih Mendalam Banjir Jakarta oleh Bintang R. Wananda

[ANALISIS LEBIH MENDALAM BANJIR JAKARTA]

Utas ini dibuat untuk menjabarkan analisis secara lebih mendalam terkait banjir Jakarta. Mungkin akan agak panjang seperti twitnya digembok e-nya 3. Semoga bisa diliat sama Pak @aniesbaswedan , Pak @ridwankamil , bahkan Pak @jokowi 
mentions 1. [MENGENAL JAKARTA DAN SISTEM SUNGAINYA]

Sebelum kita bicara lebih jauh soal banjir, kenapa, dan apa yang harus dilakukan, mari kita mengenal dulu bagaimana Jakarta dan sistem sungainya pada gambar-gambar ini. Bagian hulu sistem sungai ini ada di Kab. Bogor, di kawasan Puncak.
mentions 1a. [MENGENAL JAKARTA DAN SISTEM SUNGAINYA]

Lihat kan bagaimana Jakarta adalah kawasan hilir dan muara dari banyak sungai. Secara alamiah, banyak bagian Jakarta yang memang merupakan floodplain (morfologi hilir berupa dataran yg PASTI kebanjiran jika debit sungai tinggi).
mentions 1b. [JAKARTA DAN SISTEM SUNGAINYA]

Bukti lain dari floodplain/dataran banjir adalah sungai yang bermeander/berkelok-kelok. Dan kita amati, Ciliwung di Jakarta sudah sangat berkelok. Contohnya di kawasan Kampung Pulo-Bukit Duri seperti ini:
mentions 1c. [BERARTI BANJIR ITU MEMANG SESUATU YANG NORMAL DI JAKARTA?]

Banjir pada floodplain adalah hal yg sangat normal jika sungai mengalami debit tinggi. Tetapi banjir Jakarta itu sendiri ada dua jenis:

banjir "kiriman" dan banjir "lokal"

Apa beda keduanya? 
mentions 2. [BANJIR KIRIMAN]

Pertama akan dibahas soal banjir "kiriman". Banjir kiriman adalah konsekuensi apabila di hulu ada hujan besar, lalu air mengalir ke hilir. Perhatikan gambar di bawah ini untuk memahami istilah "run-off" (aliran/limpasan permukaan) dan infiltrasi (serapan):
mentions 2a [BANJIR KIRIMAN]

Secara sederhana: makin banyak yg terserap (infiltrasi), berarti makin dikit yg ngalir di permukaan (run-off). Kawasan hulu adalah kawasan dgn efektivitas penyerapan yang sangat tinggi. Tapi bagaimana kondisi hulu sistem sungai di Jakarta? 
mentions 2b [BANJIR KIRIMAN]

Kita lihat pada tahun 2005, untuk daerah Jabodetabek secara keseluruhan, hutan hanya tersisa 10%. Hutan dapat menyerap air dengan sangat baik. Sehingga jika hulu kita masih berupa hutan, akan sangat banyak air yang mampu terserap. Tapi coba lihat:
mentions 2c [BANJIR KIRIMAN]

Ternyata kondisi hutan kita di hulu sudah sangat buruk. Hal ini diperparah dgn alih fungsi lahan menjadi rumah/objek wisata/hotel/villa yang semakin mengecilkan air terserap dan ngebanyakin yg run-off. Artinya? Lebih banyak air ngalir ke Jakarta.
mentions 2d [BANJIR KIRIMAN]

Pada bagian ini, masalah alih fungsi lahan di hulu dan reforestasinya, merupakan ranah tanggung jawab orang-orang di Bogor dan Jawa Barat. Aku colek Kang @ridwankamil 
mentions 2e [BANJIR KIRIMAN]

Hujan di hulu sistem sungai Jakarta secara kontinyu 7 jam, rata2 menghasilkan air sebanyak 17x Stadion GBK. Waktu tempuh dari Katulampa ke Manggarai rata-rata 12 jam. Makanya kalau air di Katulampa naik tinggi, orang di tepi Ciliwung di Jkt harusnya dah siap 
mentions 2f [BANJIR KIRIMAN]

Nah tetapi, banjir kiriman ini sebenernya cuma melanda daerah-daerah floodplain/riparian zone dari sungai. Analisis BPPT bilang bahwa banjir kiriman cuma 30% dari banjir yg ada di Jakarta. Berarti banjir sisanya? Banjir "lokal". 
mentions 2g [BANJIR KIRIMAN]

Sebenernya ku mau sedikit menyinggung Pak @aniesbaswedan yg bilang "Selama di selatan tidak ada pengendalian, apapun yg mau kita kerjakan di pesisir/Jakarta tidak bisa mengendalikan air" --> ini juga ngga sepenuhnya tepat




mentions 2h [BANJIR KIRIMAN]

Soal ini jg Pak @aniesbaswedan g sepenuhnya salah kok. TAPI Efektivitas penyerapan akan lebih tinggi PD HUTAN DI HULU. Di hilir, muka air tanah dangkal, jadi efektivitasnya rendah. Hilir lebih baik drain air makin cepat ke laut.





mentions 3a [BANJIR LOKAL]

Nah ini yang sebenernya jadi masalah Jakarta. 70% banjir Jakarta adalah banjir lokal. Mengapa bisa terjadi banjir lokal?

Faktor penyebab: curah hujan tinggi, drainase/comberan buruk, land subsidence sehingga air terperangkap dan gak ngalir dgn mudah 
mentions 3b [BANJIR LOKAL]

Curah hujan tinggi jd salah satu pemicu utama. 31 Des-1 Januari kemarin, beberapa titik di Jakarta menerima curah hujan harian melebihi curah hujan harian kala ulang 1.000 tahun. Halim menerima 377 mm. Menurut kurva Gumbel, diprediksi max hanya 208.
mentions 3c [BANJIR LOKAL]

Skrg kita punya air banyak, air jatuh ke tanah, ngalir ke comberan/drainase. Bagaimana drainase kita? Ternyata tidak semua dlm kondisi prima. Bnyk yg tersumbat sampah, dangkal oleh sedimen. Akibatnya? Kapasitas penyimpanan berkurang drastis. Luber? Pasti. 
mentions 3d [BANJIR LOKAL]

Mulai disini Pak @aniesbaswedan punya responsibiliti besar. Anggaran dan program harus diarahkan betul untuk ngebenerin operasi dan pemeliharaan comberan/drainase dan kali/sungai. Sampah dan sedimen HARUS dikeruk rutin. Jgn cuma reaktif gara2 banjir gede doang. 
mentions 3e [BANJIR LOKAL]

Banjir lokal diperparah dgn bnyknya titik land subsidence (penurunan tanah) di Jakarta. Ini bikin titik2 tsb jd cekungan shg air sulit ke-drain dari daerah itu. Berikut titik2 yg mengalami land subsidence parah di Jkt. Trmsk Bekasi (1) n Vila Nusa Indah (4)
mentions 3f [BANJIR LOKAL]

Berikut ini hasil penampalan lokasi banjir (biru) dan lokasi land subsidence di Jakarta. Cukup banyak lokasi yang bertampalan.
mentions 3g [BANJIR LOKAL]

Masalah ini, Pak @aniesbaswedan jg responsibel bgt. Utk daerah2 land subsidence, POMPA SGT MEMEGANG PERANAN. Operasi dan kuantitas pompa hrs bener2 diperhatikan. Jgn sampe telat dan kurang kyk kemarin. Pompa di muara jg harus selalu ready u/ mompa air ke laut. 
mentions 3h [BANJIR LOKAL]

Banjir di banyak lokasi di Jakarta kemarin, terutama di daerah2 land subsidence, disinyalir karena pompa ngga ready dgn cepat. Bahkan kemarin (tgl 2 jan) kami investigasi ke lapangan, menemukan beberapa pompa vital yg gak operasional. 
mentions 3i [BANJIR LOKAL]

Nah, Pak @aniesbaswedan harus aware betul masalah pompa ini. Harus paham betul bahwa pompa memegang peranan yang sangat vital pada banyak titik genangan di Jakarta. Ketika hujan sudah turun cukup banyak, sebelum air genang, pompa bahkan udah harus operasi. 
mentions 3j [BANJIR LOKAL]

Lalu knp bs terjadi land subsidence? Penyebab utama adalah ekstraksi air tanah besar2an. Siapa pemakai air tanah dlm jumlah besar? Industri, hotel, apartemen. Pada titik2 land subsidence parah, kita tahu ada bnyk apartemen. Regulasi soal air tanah ini msh abu2.
mentions 4 [PEMICU LAIN: PASANG NAIK LAUT]

Pasang naik ngebikin air ga mudah ngalir ke laut, terutama utk sistem kanal yg bergantung pd gravitasi (mis. BKB). Banjir tahun baru kmrin trjadi saat pasang naik, untung tdk ketika HHWL (Highest High Water Level). Banjir 2007 trjadi ketika HHWL
mentions 5 [PEMICU LAIN: PERUBAHAN IKLIM]

Cth perubahan iklim scr nyata adalah curah hujan harian di Halim terekam 377 mm. Ini melebihi prediksi kurva Gumbel curah hujan harian 1.000 tahun di situ yg cuma mencapai 208 mm. 
mentions 5a [PEMICU LAIN: PERUBAHAN IKLIM]

Jadi, ku mau blg jg bahwa nga sepenuhnya krisis iklim, ada peran dari stakeholder dan pimpinan terkait. Kita sudah lihat ada beberap faktor pendorong tadi.


mentions 6 [SISTEM POMPA]

Sistem pompa yg poweful dan interconnected adalah solusi cepat saat ini untuk menangani banjir Jkt saat ini. Pak @aniesbaswedan hrs paham fungsinya apa: untuk buang air dari cekungan2 dan untuk buang air ke laut ketika pasang. 
mentions 6a [SISTEM POMPA]

Sayang sekali belum semua muara sungai blm dilengkapi dgn sistem pompa.

BKB masih pakai gravitasi, kalau pasang dan hujan deras + ada kiriman -> tamat.

Contoh yg ada sistem pompa: Waduk Pluit, atau long storage Ancol (itu lho yg di bawah jalan tol Ancol)
mentions 7 [NORMALISASI VS NATURALISASI?]

Normalisasi pd dasarnya upaya untuk membuat sungai jd mampu menyimpan air/meningkatkan kapasitas alirnya dan kemampuan ngalirin air. Ini cth normalisasi sebelum dan sesudah (di Ciliwung - Kp. Pulo). Lihat, sungainya jd mampu nyimpen air lbh bnyk.
mentions 7a [NORMALISASI VS NATURALISASI?]

Sedangkan naturalisasi adalah upaya mengembalikan sungai ke kondisi alamiahnya. Artinya: floodplain dikosongkan, alur dibiarkan tanpa turap dan sodetan. Contoh di Singapura di bwh ini.
mentions 7b [NORMALISASI VS NATURALISASI]

Lalu mana yg lebih efektif? Jawabannya tergantung. Normalisasi adalah solusi jangka pendek hingga menengah Jakarta. Bisa dilakukan tanpa melalui banyak prasyarat. Naturalisasi perlu beberapa prasyarat sebelum boleh dilakukan. 
mentions 7c [NORMALISASI VS NATURALISASI]

Prasyarat naturalisasi:
- Sistem IPA dan drainase di tingkat lingkungan permukiman sudah andal, jadi air ngalir ke sungai dah bagus
- Tanah floodplain dibebaskan. Apakah siap u/ bebaskan/relokasi?

Singapur sukses krn IPA dan drainase sdh bagus. 
mentions 7d [NORMALISASI VS NATURALISASI]

Lagipula, naturalisasi cm bisa dilakukan pada bagian sungai yg masih relatif alami. Ciliwung masih "alami" sampai Manggarai, lalu ada aliran Ciliwung Lama dari Manggarai sampai Istiqlal yg semi-alami. Dari Istiqlal, Ciliwung Lama dah gak ada.
mentions 7e [NORMALISASI VS NATURALISASI]

Jadi, naturalisasi ya cuma akan efektif di beberapa segmen tertentu yg masih alami dan mampu dibayar oleh Pemda DKI. Normalisasi masih pegang peranan besar untuk memperbesar kapasitas aliran dan kemampuan ngalir. 
mentions 8 [SISTEM INFILTRASI]

Terkait Pak @aniesbaswedan yg sangat yakin air masuk ke tanah dan tidak ke laut, saya akan paparkan beberapa hal.

Efektivitas penyerapan air akan lebih tinggi kalau tanah tidak jenuh dan muka air tanah jauh dari permukaan. 
mentions 8a [SISTEM INFILTRASI]

Dimana tempat yg efektivitas penyerapannya tinggi? Yaitu hulu yang masih hutan. Hulu yg dah gak hutan ngga menyerap air dgn baik. Knp hulu mudah menyerap air? Muka air tanahnya jauh dari permukaan shg tanah tidak cepat jenuh air. 
mentions 8b [SISTEM INFILTRASI]

Gimana dgn infiltrasi di hilir? Efektivitas ngga terlalu tinggi. Apalagi ketika hujan, akan lebih cepat jenuh, karena air tanah dangkal. Kalo bikin biopori di hilir, ketika banjir, malah airnya keluar dari tanah karena tanah sudah jenuh air. 
mentions 9 [JADI DIMASUKKAN KE TANAH ATAU DIBUANG KE LAUT?]

Di hulu, lebih baik dimasukkan ke tanah, karena efektivitasnya lebih tinggi JIKA MASIH BERUPA HUTAN. Jadi, Kang @ridwankamil dan Bupati Bogor punten pisan tolong dijaga hulu sistem sungai Jakarta. 
mentions 9a [JADI DIMASUKKAN KE TANAH ATAU DIBUANG KE LAUT?]

Di hilir, karena efektivitas serapan air lebih rendah, air lebih baik segera di-drain ke laut. Normalisasi aliran sungai, sistem pompa, dan beberapa infrastruktur lain akan sgt membantu untuk hal ini. Gitu Pak @aniesbaswedan 
mentions 10 [BEBERAPA SOLUSI - HULU]

Pendeketan solusional utk mengatasi banjir Jakarta hrs integratif dr hulu ke hilir. Untuk masalah di hulu, punten Kang @ridwankamil dan Bupati Bogor hrs kerja keras mengembalikan hulu DAS jadi hutan lagi. Sikat semua pelanggar aturan tata guna lahan. 
mentions 10a [BEBERAPA SOLUSI - HULU]

Bendungan di hulu utk regulate air masuk Jakarta dan kolam2 retensi jg hrs diperbanyak. 80% reservoir di Ciliwung-Cisadane dlm kondisi rusak. Ini tugas bersama Pemda @ridwankamil & Pemerintah Pusat @jokowi. Bendungan sdg dibangun di Ciawi & Sukamahi.
mentions 10b [BEBERAPA SOLUSI - HULU]

Perlu juga dipertimbangkan untuk membangun infrastruktur recharging air tanah untuk meningkatkan efektivitas penyerapan. Ini sangat bagus dibangun di hulu dan masif. Makin banyak air masuk tanah, makin dikit run-off.
mentions 10c [BEBERAPA SOLUSI - HULU]

Prinsipnya, di hulu harus sesedikit mungkin air jadi run-off ke hilir. Either dimasukin ke tanah, atau ditampung di kolam retensi/situ/danau atau di bendungan.

cc Kang @ridwankamil dan Pak @jokowi 
mentions 11 [BEBERAPA SOLUSI - HILIR]

Nah kalau di hilir, baru nih gawean Pak @aniesbaswedan dan Pak @jokowi . Prinsip utama di hilir adalah air harus cepat di-drain ke laut supaya ngga menggenangi permukaan yang flat di hilir. 
mentions 11a [BEBERAPA SOLUSI - HILIR]

Beberapa infrastruktur keren yang high-considered selain normalisasi, sistem pompa, sistem polder, dan naturalisasi:
- Coastal Reservoir (Waduk Lepas Pantai)
- Underground Reservoir (Tampungan Bawah Tanah)
- Sodetan Ciliwung-BKT -> hrs lekas nih
mentions 11b [BEBERAPA SOLUSI - HILIR]

Nah Pak @aniesbaswedan , untuk WLP bisa diconsider bt soalnya manfaatnya ga cm utk reduksi banjir aja. Jgn cm krn ini dibangun di pesisir, seakan2 anti sama semua yg berbau reklamasi. Padahal ini ngga reklamasi2 amat. Pdhl bagus n ga trlalu mahal. 
mentions 12 [SOLUSI KELEMBAGAAN]

Untuk menangani problem lintas wilayah dan sektoral, Pak @jokowi bisa keluarkan semacam Perpres 15/2018, tapi untuk Ciliwung, sehingga bisa dibentuk Satgas Khusus yg melibatkan semua stakeholder dan TNI-Polri. Ini powerful banget untuk penegakan aturan.
mentions 13 [SOLUSI REGULASI]

Perlu dibuat segera omnibus law yang menangani pengelolaan risiko bencana banjir Jakarta, terutama dalam pengelolaan kelembagaan, penegakan tata ruang, dan pembiayaannya.

Peraturan terkait pengadaan lahan jg harus, karena ini sensitif. 
mentions 13a [SOLUSI REGULASI]

Pengadaan lahan sering terhambat karena pemerintah gaboleh bayar ganti rugi kpd masyarakat yg menduduki tanah dgn itikad baik (u/ tinggal) tanpa alas hak. Problem ini yg sering menghambat normalisasi (dan tentu, naturalisasi juga nantinya) 
mentions 13b [SOLUSI REGULASI]

Perlu juga dipikirkan terkait mekanisme relokasi warga dgn melibatkan peran aktif masyarakat dan swasta/pengembang, utk mewujudkan win-win solution. Jgn antipati dgn pelibatan swasta, Pak @aniesbaswedan . Asal aturan ditegakkan, pasti adil dan semua menang. 
mentions 14 [EARLY WARNING SYSTEM]

Jangan terlalu reaktif dan fokus pd aftermath bencana. Kita hrs siap juga dgn kemungkinan bencana di masa depan. EWS sngt diperlukan, Jakarta blm punya EWS yg sophisticated. Salah satu fungsi: buat ngasih tau warga untuk mindahin mobil biar ga kelelep. 
mentions 14a [EWS]

Pemanfaatan RADAR harus dikombinasikan dgn pengukuran otomatis telemetri pos hujan agar didapatkan EWS yg mantap. Masalahnya lagi, blm semua pos hujan sudah otomatis-telemetri. Ini dulu mungkin bisa dibenerin. Pemda DKI bisa kerja sama dgn BMKG @aniesbaswedan 
mentions 15 [APA YG BISA KITA LAKUKAN?]

Bagi kita rakyat jelata, beberapa bs kita lakukan:
- jgn buang sampah sembarangan -> bikin comberan ga bisa nampung air
- bayar pajak -> biar pemerintah punya duit u/ bangun infra
- jgn apatis -> kritik pemerintah sgt perlu! tp hrs membangun 
mentions 16 [RUANG UNTUK AIR]

Maaf kelewat, tapi ini penting banget. Karena selama ini banyak dari kita membelakangi air, budaya ini hrs diubah baik oleh pemerintah dan masyarakat. Ruang untuk air juga jgn dilanggar: sungai dipepet, situ/danau/rawa ditimbun. Manusia kdg kurang ajar. 
mentions 17 [PENUTUP]

Kl bukan kita, siapa lg yg harus mencintai Jakarta sbg tempat kita tinggal? Coba sayangi Jkt dgn ga buang sampah sembarangan, bayar pajak, ga makan ruang air, dan jgn apatis. Demokrasi butuh kontrol ketat dari rakyat agar pemerintah berjalan dgn baik, demi rakyat. 
mentions 18 [ACKNOWLEDGEMENT]

Kepada seluruh kolega di kantor saya (sebutin gak yah nama kantornya? wkwk), terutama Mas Ifan sang modeller banjir, tim NCICD (@chaikalam dkk), dan segenap atasan yg memberikan banyak ilmu baru. 
mentions 19 [PENJELASAN TAMBAHAN - ZERO RUN-OFF]

Terima kasih pd Bu @elisa_jkt yg sdh mengingatkan soal ini. Saya sgt setuju dgn konsep zero run-off, namun kita hrs selalu ingat bahwa setiap solusi selalu memiliki limitasi/constraint. Berikut akan saya paparkan beberapa constraint. 
mentions 19a [ZERO RUN-OFF]

Konsep zero run-off pd dasarnya sgt baik, karena ngurangin aliran permukaan msk sistem drainase. Tapi ada beberapa faktor yang membatasinya. Sbnrnya ini bersinggungan dgn twit sblmnya soal sistem infiltrasi: terkait efektivitas infiltrasi di hulu dan di hilir. 
mentions 19b [ZERO RUN-OFF]

Namun, konsep ini ternyata punya limitasi geologis yg cukup besar di Jakarta. Kenapa? Lihat:
1. Jakarta disusun kebanyakan dr batuan lempung (permeabilitas dan porositas buruk)
2. Jakarta bkn daerah imbuhan air tanah

Credit to: @peterparkser & @dev_pradipta
mentions 19c [ZERO RUN-OFF]

Apa konsekuensinya?
1. Krn permeabilitas & porositas lempung ga bagus, maka air nyerap lebih lambat
2. Scr alami, Jakarta memang bkn daerah imbuhan -> tanah cepat jenuh kl ada hujan besar, kalau jenuh tanah susah nyerap air 
mentions 19d [ZERO RUN-OFF]

Batasan tsb yg membuat solusi zero run-off di hilir kurang optimal. Sy setuju banget kalau di hulu: bikin hutan, infiltration/recharge well, ditambah hulu Jakarta batuannya bagus untuk nyerap air. 
mentions 19e [ZERO RUN-OFF]

Sebagai catatan, kalau mau dilaksanakan, sebenernya ngga masalah juga. Malah bagus. Tapi jgn cuma bersandar pd solusi tunggal. Ingat, air limpasannya kan masuk comberan/drainase. Nah saluran2 drainase ini yg perlu ada normalisasi dan OP yg baik. 
mentions 19f [ZERO RUN-OFF]

Intisarinya, saya sih melihat, semakin bnyk solusi, makin bagus utk Jakarta. Tp harus lihat betul, solusi itu cocok apa ngga. Tidak ada yg namanya solusi tunggal. Tidak ada yg namanya solusi satu-satunya.

Demikian Bu, mohon tanggapan @elisa_jkt
Thanks 
mentions 20 [WADUK LEPAS PANTAI]

Menanggapi pertanyaan dari Mbak @FiraKarinsha soal WLP, saya coba jelaskan konsep dari WLP ini. Perlu ditekankan, ini bukan promosi, namun menjelaskan konsep yang ada.

Mohon tambahan juga dari rekan2 @chaikalam apabila saya ada kekurangan. 
mentions 20a [WLP]

Mengapa WLP patut dipertimbangkan? Pertama mari kita lihat, bahwa WLP bukan barang baru di dunia. Banyak WLP yg sudah ada, dan terbukti memberikan manfaat tinggi. Sbg contoh, Marina Barrage di Spore, bisa diconsider sbg WLP karena dibangun di perairan yg awalnya teluk.
mentions 20b [WLP]

Jika dibangun, WLP mampu memberikan beberapa manfaat:
- Solusi banjir dan rob melalui sistem polder
- Solusi penyediaan air baku, sbg coastal reservoir
- Solusi pencemaran air, dgn isolasi & pengolahan limbah terpadu di hilir
mentions 20c [WLP]

Nelayan juga akan tetap mendapatkan akses yang baik walaupun ada tanggul ini. Jadi tetap menjamin nelayan bisa pergi melaut. Alurnya disesuaikan dgn konsentrasi permukiman nelayan.
mentions 20d [WLP]

Namun perlu ditekankan Mbak @FiraKarinsha, ini bukan solusi satu-satunya. Ini solusi yg high-considered. Kita punya bnyk solusi e.g. naturalisasi yg dikemukakan Pak Muslim Muin, normalisasi yg dikemukakan Menteri PUPR. Jadi tugas kita brsama u/ menjahit solusinya. 

https://threadreaderapp.com/thread/1213026494072729600.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Analisis Politik (275) Joko Widodo (150) Politik (106) Politik Baik (64) Berita Terkini (59) Jokowi (58) Pembangunan Jokowi (54) Lintas Agama (31) Renungan Politik (31) Perang Politik (29) Berita (27) Ekonomi (25) Anti Radikalisme (24) Pilpres 2019 (23) Jokowi Membangun (22) Perangi Radikalisme (22) Pembangunan Indonesia (21) Surat Terbuka (20) Partai Politik (19) Presiden Jokowi (19) Lawan Covid-19 (18) Politik Luar Negeri (18) Bravo Jokowi (17) Ahok BTP (14) Debat Politik (14) Radikalisme (13) Toleransi Agama (12) Caleg Melineal (11) Menteri Sri Mulyani (11) Perangi Korupsi (11) Berita Hoax (10) Berita Nasional (9) Education (9) Janji Jokowi (9) Keberhasilan Jokowi (9) Kepemimpinan (9) Politik Kebohongan (9) Tokoh Dunia (9) Denny Siregar (8) Hidup Jokowi (8) Anti Korupsi (7) Jokowi Hebat (7) Renungan (7) Sejarah Penting (7) Selingan (7) imlek (7) Ahok (6) Health (6) Perangi Mafia (6) Politik Dalam Negeri (6) Gubernur DKI (5) Jokowi Pemberani (5) KPK (5) Khilafah Makar (5) Kisah Nyata (5) Lawan Radikalisme (5) NKRI Harga Mati (5) Negara Hukum (5) Partai PSI (5) Pengamalan Pancasila (5) Pilkada (5) Refleksi Politik (5) Teknologi (5) hmki (5) kota tangsel (5) natal (5) pengurus (5) peresmian (5) relawan (5) Anti Teroris (4) Bahaya Khalifah (4) Berita Baru (4) Dugaan Korupsi (4) Indonesia Maju (4) Inspirasi (4) Kebudayaan Indonesia (4) Lagu Jokowi (4) Mahfud MD (4) Menteri Pilihan (4) Pancasila (4) Pendidikan (4) Pileg 2019 (4) Politik Identitas (4) Sejarah (4) Tokoh Masyarakat (4) Tokoh Nasional (4) Vaksin Covid (4) Adian Napitupulu (3) Adudomba Umat (3) Akal Sehat (3) Analisa Debat (3) Artikel Penting (3) Atikel Menarik (3) Biologi (3) Brantas Korupsi (3) Breaking News (3) Covid-19 (3) Demokrasi (3) Dewi Tanjung (3) Hukum Karma (3) Karisma Jokowi (3) Kelebihan Presiden (3) Kesaksian (3) King Of Infrastructur (3) Lagu Hiburan (3) Makar Politik (3) Melawan Radikalisme (3) Musibah Banjir (3) Nasib DKI (3) Nasihat Canggih (3) Negara Maju (3) Negara Makmur (3) Nikita Mirzani (3) PKN (3) Pembubaran Organisasi (3) Pemilu (3) Pendidikan Nasional (3) Pendukung Jokowi (3) Penegakan Hukum (3) Poleksos (3) Politik Adudomba (3) Rekayasa Kerusuhan (3) Rencana Busuk (3) Revisi UUKPK (3) Sederhana (3) Tanggung Jawab (3) Testimoni (3) Tokoh Revolusi (3) Waspada Selalu (3) barongsai (3) jakarta (3) Ada Perubahan (2) Agenda Politik (2) Akal Kebalik (2) Akal Miring (2) Anggaran Pemprov (2) Antusias Warga (2) Arsitektur Komputer (2) Basmi Mafia (2) Basmi Radikalisme (2) Beda Partai (2) Berita Internasional (2) Budiman PDIP (2) Capres Cawapres (2) Cinta Tanah Air (2) Dasar Negara (2) Denny JA (2) Erick Thohir (2) Etika Menulis (2) Filsafat (2) Fisika (2) Free Port (2) Gerakan Budaya (2) Gereja (2) Himbauan (2) Information System (2) Isu Sara (2) Jaga Presiden Jokowi (2) Jalan Toll (2) Jenderal Pendukung (2) Jihat Politik (2) Jokowi Commuter (2) Jokowi Guru (2) Jokowi Motion (2) Kabinet II Jokowi (2) Kasus Hukum (2) Kasus Korupsi (2) Kehebatan Jokowi (2) Kemajuan Indonesia (2) Kemanusiaan (2) Kerusuhan Mei (2) Komputer (2) Komunikasi (2) Kriminalisasi Ulama (2) Langkah DPRD-DPR (2) Lawam Penghianat Bangsa (2) Lawan Fitnah (2) Mafia Indonesia (2) Media Sosial (2) Menteri Susi (2) Merakyat (2) Miras (2) Motivasi (2) Nilai Rupiah (2) Olah Raga (2) Opini (2) Pembangunan Pasar (2) Pemimpin Pemberani (2) Pengadilan (2) Pengatur Strategi (2) Penjelasan TGB (2) Penyebar Hoax (2) Perangi Terroriis (2) Pidato Jokowi (2) Political Brief (2) Politik ORBA (2) Program Jokowi (2) Raja Hutang (2) Relawan Jokowi (2) Ruang Kesehatan (2) Sampah DKI (2) Selengkapnya (2) Sertifikat Tanah (2) Simpatisan Jokowi (2) Suka Duka (2) Sumber Kekuasaan (2) Survey Politik (2) Tegakkan NKRI (2) Tenaga Kerja (2) Tirta Memarahi DPR (2) Toll Udara (2) Transparan (2) Ucapan Selamat (2) Ulasan Permadi (2) Ultah Jokowi (2) Undang Undang (2) amandemen (2) jokowi 3p (2) jokpro (2) news (2) perjuangkan (2) Adek Mahasiswa (1) Aksi Gejayan (1) Aksi Makar (1) Alamiah Dasar (1) Ancaman Demokrasi (1) Andre Vincent Wenas (1) Anggarana Desa (1) Anies Dicopot (1) Ansor Banten (1) Antek HTI (1) Anti Cina (1) Anti Terrorris (1) Anti Vaksin (1) Anti Virus (1) Arti Corona (1) Aset BUMN (1) Atheis (1) BIN (1) BTP (1) Bahasa Indonesia (1) Bahaya Isis (1) Bangkitkan Nasionalisme (1) Bangsa China (1) Bank Data (1) Bantu Dishare (1) Basuki Tjahaya Purnama (1) Bawah Sadar (1) Bencana Alam (1) Berani Karena Jujur (1) Berani Melapor (1) Binekatunggal Ika (1) Bintang Mahaputera (1) Bisnis (1) Bongkar Gabeneer (1) Bravo Polri (1) Bravo TNI (1) Budiman Sujatmiko (1) Bumikan Pancasila (1) Bunuh Diri (1) Busana (1) Buya Syafii Maarif (1) Calon Menteri (1) Cari Panggung Politik (1) Cctvi Pantau (1) Cendekia (1) Croc Brain (1) Cudu Nabi Muhammad (1) Cybers Bots (1) Daftar Tokoh (1) Dagang Sapi (1) Danau Toba (1) Data Base (1) Demo Bingung (1) Demo Gagal (1) Demo Mahasiswa (1) Demo Nanonano (1) Demokrasi Indonesia (1) Deretan Jenderal (1) Dewan Keamanan PBB (1) Digital Divelovement (1) Dosa Kolektif (1) Dubes Indonesia (1) Ekologi (1) Extrimis (1) FBR Jokowi (1) Faham Khilafah (1) Filistinisme (1) Filosofi Jawa (1) Fund Manager (1) G30S/PKI (1) GPS Tiongkok (1) Gagal Faham (1) Gaji Direksi (1) Gaji Komisaris (1) Gaya Baru (1) Gelagat Mafia (1) Geografi (1) Gerakan (1) Gerakan Bawah Tanah (1) Gibran (1) Grace Natalie (1) Gubernur Jateng (1) Gus Nuril (1) Gusti Ora Sare (1) HTI Penunggang (1) Hadiah Tahun Baru (1) Hari Musik Nasional (1) Hiburan (1) Hukuman Mati (1) Hypnowriting (1) Identitas Nusantara (1) Illegal Bisnis (1) Ilmu Pengetahuan (1) Ilusi Identitas (1) Imperialisme Arab (1) Indonesia Berduka (1) Indonesia Damai (1) Indonesia Hebat (1) Injil Minang (1) Intermezzo (1) Internet (1) Intoleransi (1) Investor Asing (1) Islam Nusangtara (1) Istana Bogor (1) Isu Agama (1) Isu Politik (1) J Marsello Ginting (1) Jadi Menteri (1) Jalur Gaza (1) Jangan Surahkan Indonesia (1) Jembatan Udara (1) Jenderal Moeldoko (1) Jenderal Team Jkw (1) Jilid Milenial (1) Jiplak (1) Jokowi 3 Periode (1) Jokowi Peduli (1) Jualan Agama (1) Jurus Pemerintah (1) Jusuf Kalla (1) Kadrun (1) Kambing Hitam (1) Kampus Terpapar Radikalisme (1) Kasus BUMN (1) Kasus Keluarga (1) Kebusukan Hati (1) Kecelakaan (1) Kehilangan Tuhan (1) Kehilangan WNI (1) Kekuasaan (1) Kekuatan China (1) Kemengan Jokowi (1) Kena Efisensi (1) Kepribadian (1) Keputusan Pemerintah (1) Kerusuhan 22 Mei (1) Kesaksian Politikus (1) Keseahatan (1) Ketum PSI (1) Kitab Suci (1) Kode Etik (1) Komnas HAM (1) Komunis (1) Konglomerat Pendukung (1) Kopi (1) Kota Bunga (1) Kota Misteri (1) Kota Modern (1) Kota Zek (1) Kredit Macet (1) Kuliah Uamum (1) Kunjungan Jokowi (1) Kurang Etis (1) LPAI (1) Lagu Utk Jokowi (1) Lahan Basah (1) Larangan Berkampanye (1) Larangan Pakaian (1) Lawan Rasa Takut (1) Leadership (1) Legaci Jokowi (1) Lindungi Jokowi (1) Lintas Dinamika (1) Luar Biasa (1) MPG (1) Mabok Agama (1) Mafia Ekonomi (1) Mafia Tanah (1) Mahakarya (1) Mahkamah Agung (1) Manfaat Vaksin (1) Mari Tertawa (1) Masa Kampanye (1) Masalah BUMN (1) Matematika (1) Membunuh Sains (1) Mempengaruhi Musuh (1) Mempengaruhi Orang (1) Mendisplinkan Siswa (1) Mengharukan (1) Menghasut Pemerintah (1) Menghina Lambang Negara (1) Mengulas Fakta (1) Menjaga Indonesia (1) Menjaga Jokowi (1) Menjelang Pemilu (1) Menjlang Pelantikan (1) Menko Polhukam (1) Menteri (1) Menteri Agama (1) Menteri Sosial (1) Menydihkan (1) Mesin Pembantai (1) Minuman Keras (1) Model Tulisan (1) Muhamad Ginting (1) Mumanistik (1) Muslim Prancis (1) Musu RI (1) Musuh Dlm Selimut (1) Obat Tradisional (1) Oligarki (1) Omnibus Law (1) Oramas Terlarang (1) Orang Baik (1) Orang Beragama (1) Orang Bodoh (1) Orang Kaya (1) Ormas Islam (1) Otak Kebalik (1) Overdosis Haram (1) PHK dan Buruh (1) Palestina (1) Panduan (1) Pantau Jakarta (1) Para Makar (1) Parawisata (1) Partai Baru (1) Partai Komunis (1) Pasar Murah (1) Pelarian (1) Pembayaran Utang Negara (1) Pembela Rakyat (1) Pembumian Pancasila (1) Pemerintahan Jayabaya (1) Pemilihan Presiden (1) Pemprov DKI (1) Pencerahan (1) Pencucian Uang (1) Pendukung Lain (1) Penebaran Virus so (1) Pengacau Negara (1) Pengalaman (1) Pengangguran (1) Pengaruh (1) Pengertian Istilah (1) Pengertian Otoritas (1) Penggulingan Rezim (1) Penghianat Bangsa (1) Pengobatan (1) People Power (1) Perang Dunia III (1) Perangi Tetroriis (1) Peraturan (1) Perayaan Natal (1) Percobaan (1) Perguruan Tinggi (1) Peringatan Keras (1) Peristiwa Mei 1998 (1) Pernikahan (1) Pernyataan ISKA (1) Pertamina (1) Pertemuan Politik (1) Pesan Gus Nuril (1) Pesan Habib (1) Peta Politik (1) Pidato Prisiden RI (1) Pil Pahit Srilanka (1) Pilkada 2018 (1) Pilkada Solo (1) Pilpres Curang (1) Pimpinan MPR (1) Politik Agama (1) Politik Catur Jkw (1) Politik Kepentingan (1) Politik LN (1) Politik Uang (1) Politikus (1) Pollitik (1) Profesional (1) Propaganda (1) Propaganda Firehose (1) Psikoanalisa (1) Psikologi Praktis (1) Puisi (1) Pulau Terindah (1) Quick Count (1) RUU Kadrun (1) Raja Bonar (1) Raja Debat (1) Raksasa (1) Rakyat Kecil (1) Realita Politik (1) Rekam Jejak (1) Rekapitulasi DPS (1) Reklamasi Pulau (1) Remix Sunda (1) Rendah Hati (1) Reungan Politik (1) Rhenald Kasali (1) Risma (1) Ruhut P Sitompul (1) Saksi Yehuwa (1) Sangat Canggih (1) Scandal BLBI (1) Seharah Pers (1) Sehat Penting (1) Sejarah Politik (1) Sekilas Info (1) Selamat Imlek (1) Sembuhkan Jiwasraya (1) Seni (1) Seniman Bambu (1) Shanzhai (1) Sidak Harga (1) Sidang MPR (1) Sigmun Freud (1) Silaturahmi (1) Sistem Informasi (1) Skema Kerusuhan (1) Skenario 22 Mei (1) Skenario Demonstrans (1) Skripsi (1) Soekarno (1) Stasiun KA (1) Suku Minang (1) Sumber Inspirasi (1) Super Power (1) Superkarya (1) Syirianisasi (1) System Informasi (1) TKA Siapa Takut (1) Tahun Kampret (1) Taliban (1) Tanda Kehormatan (1) Tanda Zaman (1) Tanggapan Atas Pidato (1) Tanya Jawab (1) Tebang Pilih (1) Teori Kepribadian (1) Terkaya Indonesia (1) Terorisme (1) Terrorisme (1) Tidak Becus Kerja (1) Tindakan Makar (1) Tingkat Kemiskinan (1) Tinjauan Filsafat (1) Tips dan Trik (1) Toleransi Identitas (1) Travelling (1) Tuan Rumah (1) Tukang Kayu (1) UU Cipta Kerja (1) Ucapan Gong Xi Fat Choi (1) Ulama Bogor (1) Ulasan Berita (1) Ulasan Suriah (1) Ustadz Bangsa (1) Via Vallen (1) Virus Covid-15 (1) Wajib Baca (1) Wakil Tuhan (1) Wali Kota (1) Wanita Kartini (1) Wewenang (1) Yusril Blakblakan (1) breaing news (1) karo (1) kontemporer (1) tari (1)