Latest News

Selengkapnya Diteruskan DI NEWS.TOPSEKALI.COM

Sunday, August 2, 2020

Pertemuan Ormas Islam Seluruh Indonesia



*Gelar Pertemuan Dengan* *Ormas- Ormas* *Islam*

Jakarta, Wapresri.go.id—Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin malam ini menggelar pertemuan dengan ormas-ormas Islam di kediaman Wapres Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019). kemaren

Pertemuan yang di hadiri 36 ormas Islam itu diawali dengan santap malam bersama di pendopo rumah dinas Wapres.

“Hadir 36 ormas Islam. NU, Muhammadiyah Tarbiyah, Rabithah Alawiyah, ICMI, MUI tentu. Jadi banyak sekali,” ujar Wapres kepada awak media usai pertemuan.

Wapres menjelaskan bahwa pertemuan dengan ormas- ormas Islam membahas banyak hal diantaranya kenegaraan, persatuan, hingga ekonomi umat yang dituangkan dalam 6 butir kesepakatan.

“Ada sejumlah kesepakatan. Baik kenegaraan, persatuan, Keutuhan Bangsa, keumatan, dan juga ekonomi umat,” terangnya.

Berikut 6 butir kesepakatan ormas-ormas Islam yang dibacakan oleh Wasekjen Bidang Fatwa MUI Sholahuddin Al Aiyub di hadapan Wapres.

1. Para pimpinan ormas Islam mempunyai pemahaman yang sama bahwa berdirinya negara-bangsa ini merupakan kesepakatan nasional (al-mitsaq al-wathani) yang harus dijaga dan dipertahankan bersama.

2. Kondisi umat Islam yang sangat majemuk membuka peluang terjadinya perbedaan-perbedaan dan dalam tahap tertentu bisa berubah menjadi perpecahan. Oleh karena itu, bersepakat untuk tetap menjalin hubungan persaudaraan antar sesama Muslim (ukhuwah Islamiyah) dan antar sesama anak bangsa (ukhuwah wathaniyah), serta tetap mengupayakan terjadinya persatuan umat (tawhidulummah).

3. Sebagai bagian terbesar penduduk di Indonesia, umat Islam mempunyai kesempatan yang besar untuk mengambil peran kebangsaan dan kenegaraan secara lebih proporsional. Upaya-upaya untuk memperjuangkan hal itu, harus tetap melalui mekanisme yang telah menjadi kesepakatan bersama dalam berbangsa dan bernegara.

4. Kondisi umat Islam yang sebagian besar masih lemah secara ekonomi membutuhkan keberpihakan kebijakan secara nasional, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi para pelaku ekonomi umat untuk dapat bersaing secara lebih setara.

5. Kondisi bangsa yang masih banyak tantangan perlu untuk dihadapi secara bersama-sama dengan semangat persatuan bangsa. Oleh karena itu narasi dan wacana yang dapat memecahbelah persatuan umat agar dihindarkan. Wacana tentang radikalisme dan separatisme yang tidak terukur berdampak kontra produktif untuk persatuan umat dan bangsa.

6. Bersepakat untuk secara periodik bertemu dengan difasilitasi oleh Bapak Wakil Presiden RI, Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin untuk membicarakan permasalahan yang lebih khusus.

Tampak hadir malam itu diantaranya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Ketua Umum PP Syarikat Islam Hamdan Zoelva, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Ketua Umum PB Al Jamiyatul Washliyah Yusnar Yusuf, Ketua Umum PB Mathlaul Anwar K.H. Ahmad Sadeli Karim dan lain-lain.

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🙏🏻🤝🙏🏻🇮🇩🇮🇩
POLITIKANDALAN.BLOGSPOT.com

_---------+--------------

*DI PDI PERJUANGAN BANYAK KADER NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH*

Zuhairi Misrawi, Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia, Cendekiawan Nahdlatul Ulama, dan Lulusan Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir.

Selama ini, PDI Perjuangan dikenal sebagai “rumah besar” kaum nasionalis. Dan nasionalisme ala PDI Perjuangan berpijak pada pikiran Bung Karno, yaitu nasionalisme yang berperikemanusiaan, berbudi pekerti, dan menjujung tinggi nilai-nilai luhur agama, khususnya nilai-nilai luhur Islam. Sebab itu pula, nasionalisme ala Bung Karno berbeda dengan paham nasionalisme di negara-negara lain, termasuh nasionalisme di Timur-Tengah sekalipun.

Sejak tahun 2007 lalu, PDI Perjuangan mendirikan organisasi sayap keislaman, yaitu Baitul Muslimin Indonesia (BAMUSI). Artinya, rumah besar kaum Muslim Indonesia. BAMUSI ingin agar umat Islam berperan penting dalam mengukuhkan solidaritas kebangsaan dan memajukan negeri ini.

Almarhum H. Taufiq Kiemas sebagai inisiator berdirinya BAMUSI memandang, bahwa PDI Perjuangan harus menjadi rumah besar bagi kaum nasionalis, termasuk kalangan Muslim yang berperan penting dalam membangun visi kebangsaan. Dalam sejarah republik, kaum Muslim mempunyai peran yang sangat besar dalam menumbuhkan nasionalisme yang dikenal dengan “cinta Tanah Air bagian dari iman” (hubbul wathan minal iman). Bung Karno sendiri menulis tentang frase “cinta Tanah Air bagian dari iman” pada tahun 1940. Dan dalam setiap forum internasional, Bung Karno selalu menyampaikan kekhasan nasionalisme ala Indonesia ini.

Maka dari itu, mendirikan BAMUSI bagi PDI Perjuangan merupakan sebuah keniscayaan untuk memperkokoh visi kebangsaan dan menjembatani aspirasi umat Islam dalam bingkai kebangsaan. Apalagi dalam berbagai survei ditegaskan, bahwa pemilih terbesar PDI Perjuangan dalam pemilu adalah umat Islam. Hal ini mengonfirmasi bahwa umat Islam Indonesia mempunyai karakteristik yang khas yaitu mempunyai visi kebangsaan dan kerakyatan yang kukuh.

Alhamdulillah, saya bergabung dengan PDI Perjuangan sejak berdirinya BAMUSI hingga sekarang ini. Saya sendiri bergabung dengan BAMUSI sebagai representasi dari Nahdlatul Ulama. Setidaknya ada 10 orang yang berlatarbelakang NU di BAMUSI. Selain dari unsur NU, juga ada 10 orang dari representasi Muhammadiyah di BAMUSI. Kalau dijumlah, pengurus daerah dan pengurus cabang bisa mencapai ratusan dan ribuan dari unsur NU dan Muhammadiyah.

Kita semua tahu, bahwa NU dan Muhammadiyah mempunyai sejarah masa lalu dan masa kini. Sulit rasanya mempertemukan kader kedua ormas besar ini dalam satu wadah organisasi. Tapi, alhamdulillah, PDI Perjuangan berhasil mempersatukan kader NU dan Muhammadiyah dalam satu wadah organisasi BAMUSI untuk bersama-sama memperkukuh solidaritas kebangsaan dan menyalurkan aspirasi umat Islam. Karenanya, kami di BAMUSI menyebut wajah keberislaman kita dengan “Islam Nusantara Berkemajuan”, karena mampu membangun solidaritas kebangsaaan NU dan Muhammadiyah.

Saya menjadi saksi sejarah, bahwa PDI Perjuangan terus membangun jembatan dialog dengan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah melalui kader-kadernya yang berada di BAMUSI. Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan kerap melakukan kunjungan ke PBNU dan PP Muhammadiyah untuk terus menyerap aspirasi dari dua ormas yang telah berjasa dalam melahirkan, menjaga, dan membumikan Pancasila di negeri tercinta ini. Bahkan dalam polemik RUU HIP pun, kami menyampaikan aspirasi dari NU dan Muhammadiyah, termasuk aspirasi dari Majelis Ulama Indonesia. Alhamdulillah, PDI Perjuangan langsung merespons masukan tersebut.

Namun, meskipun demikian, masih banyak fitnah dan provokasi yang berseliweran yang menarasikan seolah-olah PDI Perjuangan anti-Islam, bahkan ada yang memfitnah PKI dan ingin mengubah Pancasila. Kami sebagai generasi yang tumbuh dari pesantren, perguruan tinggi Islam, dan organisasi Islam tidak rela dan menolak segala fitnah tersebut.

Dalam 15 tahun terakhir, kami menyaksikan bahwa Pancasila yang kami baca dalam setiap acara-acara Partai adalah Pancasila yang tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Setahu kami, hanya PDI Perjuangan satu-satunya organisasi di negeri ini yang membacakan Pancasila dalam setiap kegiatannya dari tingkat Pusat hingga Ranting.

Adapun Pidato Pancasila 1 Juni 1945 yang disampaikan Bung Karno, menurut kami, merupakan khazanah berharga untuk memahami dan menjiwai substansi Pancasila. Kami memandang pidato tersebut merupakan salah satu rujukan penting dalam memahami kesejarahan dan kandungan Pancasila untuk diterjemahkan dalam tindakan. Bagi kami, seluruh kader PDI Perjuangan, bahwa Pancasila adalah ideologi yang harus hadir dalam tindakan nyata (working ideology).

Perihal Trisila dan Ekasila, bagi kami yang tumbuh dari tradisi Pesantren, tidak sulit untuk memahaminya. Sebab kami diajarkan di pesantren tentang ilmu al-Quran untuk memahami al-Quran, ilmu hadis untuk memahami hadis, ilmu ushul fiqh untuk memahami fikih.

Para ulama ilmu al-Quran, termasuk Imam al-Ghazali, menyebutkan bahwa jumlah ayat di al-Quran sebanyak 6.236 ayat dan 114 Surat. Kalau diperas menjadi “Surat al-Fatihah”, dan kalau diperas lagi menjadi “Basmalah”. Esensi al-Quran adalah kasih-sayang, cinta kasih, dan toleransi. Pertanyaanya, apakah para ulama itu ingin mengubah al-Quran? Jawabannya, pasti “tidak”. Para ulama ingin agar kita mudah memahami esensi al-Quran.

Nah, bagi kami untuk memahami Pancasila membutuhkan banyak rujukan dan dimensi sehingga kita mempunyai kebeningan hati, kejernihan pikir, dan visi yang jelas. Kami sebagai kader Sukarnois, izinkan memahami Pancasila melalui Bung Karno, bertawasshul secara pemikiran (al-tawasshul al-fikri) dengan Bung Karno. Bagi kami, Pidato Pancasila 1 Juni 1945 adalah “ilmu Pancasila” untuk memahami esensi dan kandungan Pancasila.

Kami setuju dengan pandangan Bung Karno, bahwa esensi Pancasila adalah gotong-royong. Sebab itu pula, di tengah pandemi ini, PDI Perjuangan membangkitkan semangat gotong-royong dengan membagikan jutaan masker, sembako, hads sanitizer, jamu, dan lain-lain kepada warga di seantero negeri. Intinya, kami ingin Pancasila menjadi ideologi yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

Walhasil, tidak ada sedikitpun niatan untuk mengubah Pancasila. Kami justru bangga menjadi bagian dari warga bangsa yang istiqamah menjaga dan mengamalkan Pancasila. PDI Perjuangan sejalan dengan sikap NU dan Muhammadiyah, bahwa Pancasila bersifat final. Tugas kita sekarang adalah mengamalkan Pancasila, sehingga cahayanya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kami berterima kasih pada pihak-pihak yang selama ini ditengarai anti-Pancasila, bahkan mengharamkan Pancasila, tapi sejak RUU HIP ini bergulir mereka terdepan membela Pancasila. Ini hikmah yang luar biasa, bahwa pada akhirnya kita berada dalam satu barisan untuk menjaga dan mengamalkan Pancasila. Alhamdulillah. Merdekaaaaa!!!


No comments:

Post a Comment

Tags

Analisis Politik (275) Joko Widodo (150) Politik (106) Politik Baik (64) Berita Terkini (59) Jokowi (58) Pembangunan Jokowi (54) Lintas Agama (31) Renungan Politik (31) Perang Politik (29) Berita (27) Ekonomi (25) Anti Radikalisme (24) Pilpres 2019 (23) Jokowi Membangun (22) Perangi Radikalisme (22) Pembangunan Indonesia (21) Surat Terbuka (20) Partai Politik (19) Presiden Jokowi (19) Lawan Covid-19 (18) Politik Luar Negeri (18) Bravo Jokowi (17) Ahok BTP (14) Debat Politik (14) Radikalisme (13) Toleransi Agama (12) Caleg Melineal (11) Menteri Sri Mulyani (11) Perangi Korupsi (11) Berita Hoax (10) Berita Nasional (9) Education (9) Janji Jokowi (9) Keberhasilan Jokowi (9) Kepemimpinan (9) Politik Kebohongan (9) Tokoh Dunia (9) Denny Siregar (8) Hidup Jokowi (8) Anti Korupsi (7) Jokowi Hebat (7) Renungan (7) Sejarah Penting (7) Selingan (7) imlek (7) Ahok (6) Health (6) Perangi Mafia (6) Politik Dalam Negeri (6) Gubernur DKI (5) Jokowi Pemberani (5) KPK (5) Khilafah Makar (5) Kisah Nyata (5) Lawan Radikalisme (5) NKRI Harga Mati (5) Negara Hukum (5) Partai PSI (5) Pengamalan Pancasila (5) Pilkada (5) Refleksi Politik (5) Teknologi (5) hmki (5) kota tangsel (5) natal (5) pengurus (5) peresmian (5) relawan (5) Anti Teroris (4) Bahaya Khalifah (4) Berita Baru (4) Dugaan Korupsi (4) Indonesia Maju (4) Inspirasi (4) Kebudayaan Indonesia (4) Lagu Jokowi (4) Mahfud MD (4) Menteri Pilihan (4) Pancasila (4) Pendidikan (4) Pileg 2019 (4) Politik Identitas (4) Sejarah (4) Tokoh Masyarakat (4) Tokoh Nasional (4) Vaksin Covid (4) Adian Napitupulu (3) Adudomba Umat (3) Akal Sehat (3) Analisa Debat (3) Artikel Penting (3) Atikel Menarik (3) Biologi (3) Brantas Korupsi (3) Breaking News (3) Covid-19 (3) Demokrasi (3) Dewi Tanjung (3) Hukum Karma (3) Karisma Jokowi (3) Kelebihan Presiden (3) Kesaksian (3) King Of Infrastructur (3) Lagu Hiburan (3) Makar Politik (3) Melawan Radikalisme (3) Musibah Banjir (3) Nasib DKI (3) Nasihat Canggih (3) Negara Maju (3) Negara Makmur (3) Nikita Mirzani (3) PKN (3) Pembubaran Organisasi (3) Pemilu (3) Pendidikan Nasional (3) Pendukung Jokowi (3) Penegakan Hukum (3) Poleksos (3) Politik Adudomba (3) Rekayasa Kerusuhan (3) Rencana Busuk (3) Revisi UUKPK (3) Sederhana (3) Tanggung Jawab (3) Testimoni (3) Tokoh Revolusi (3) Waspada Selalu (3) barongsai (3) jakarta (3) Ada Perubahan (2) Agenda Politik (2) Akal Kebalik (2) Akal Miring (2) Anggaran Pemprov (2) Antusias Warga (2) Arsitektur Komputer (2) Basmi Mafia (2) Basmi Radikalisme (2) Beda Partai (2) Berita Internasional (2) Budiman PDIP (2) Capres Cawapres (2) Cinta Tanah Air (2) Dasar Negara (2) Denny JA (2) Erick Thohir (2) Etika Menulis (2) Filsafat (2) Fisika (2) Free Port (2) Gerakan Budaya (2) Gereja (2) Himbauan (2) Information System (2) Isu Sara (2) Jaga Presiden Jokowi (2) Jalan Toll (2) Jenderal Pendukung (2) Jihat Politik (2) Jokowi Commuter (2) Jokowi Guru (2) Jokowi Motion (2) Kabinet II Jokowi (2) Kasus Hukum (2) Kasus Korupsi (2) Kehebatan Jokowi (2) Kemajuan Indonesia (2) Kemanusiaan (2) Kerusuhan Mei (2) Komputer (2) Komunikasi (2) Kriminalisasi Ulama (2) Langkah DPRD-DPR (2) Lawam Penghianat Bangsa (2) Lawan Fitnah (2) Mafia Indonesia (2) Media Sosial (2) Menteri Susi (2) Merakyat (2) Miras (2) Motivasi (2) Nilai Rupiah (2) Olah Raga (2) Opini (2) Pembangunan Pasar (2) Pemimpin Pemberani (2) Pengadilan (2) Pengatur Strategi (2) Penjelasan TGB (2) Penyebar Hoax (2) Perangi Terroriis (2) Pidato Jokowi (2) Political Brief (2) Politik ORBA (2) Program Jokowi (2) Raja Hutang (2) Relawan Jokowi (2) Ruang Kesehatan (2) Sampah DKI (2) Selengkapnya (2) Sertifikat Tanah (2) Simpatisan Jokowi (2) Suka Duka (2) Sumber Kekuasaan (2) Survey Politik (2) Tegakkan NKRI (2) Tenaga Kerja (2) Tirta Memarahi DPR (2) Toll Udara (2) Transparan (2) Ucapan Selamat (2) Ulasan Permadi (2) Ultah Jokowi (2) Undang Undang (2) amandemen (2) jokowi 3p (2) jokpro (2) news (2) perjuangkan (2) Adek Mahasiswa (1) Aksi Gejayan (1) Aksi Makar (1) Alamiah Dasar (1) Ancaman Demokrasi (1) Andre Vincent Wenas (1) Anggarana Desa (1) Anies Dicopot (1) Ansor Banten (1) Antek HTI (1) Anti Cina (1) Anti Terrorris (1) Anti Vaksin (1) Anti Virus (1) Arti Corona (1) Aset BUMN (1) Atheis (1) BIN (1) BTP (1) Bahasa Indonesia (1) Bahaya Isis (1) Bangkitkan Nasionalisme (1) Bangsa China (1) Bank Data (1) Bantu Dishare (1) Basuki Tjahaya Purnama (1) Bawah Sadar (1) Bencana Alam (1) Berani Karena Jujur (1) Berani Melapor (1) Binekatunggal Ika (1) Bintang Mahaputera (1) Bisnis (1) Bongkar Gabeneer (1) Bravo Polri (1) Bravo TNI (1) Budiman Sujatmiko (1) Bumikan Pancasila (1) Bunuh Diri (1) Busana (1) Buya Syafii Maarif (1) Calon Menteri (1) Cari Panggung Politik (1) Cctvi Pantau (1) Cendekia (1) Croc Brain (1) Cudu Nabi Muhammad (1) Cybers Bots (1) Daftar Tokoh (1) Dagang Sapi (1) Danau Toba (1) Data Base (1) Demo Bingung (1) Demo Gagal (1) Demo Mahasiswa (1) Demo Nanonano (1) Demokrasi Indonesia (1) Deretan Jenderal (1) Dewan Keamanan PBB (1) Digital Divelovement (1) Dosa Kolektif (1) Dubes Indonesia (1) Ekologi (1) Extrimis (1) FBR Jokowi (1) Faham Khilafah (1) Filistinisme (1) Filosofi Jawa (1) Fund Manager (1) G30S/PKI (1) GPS Tiongkok (1) Gagal Faham (1) Gaji Direksi (1) Gaji Komisaris (1) Gaya Baru (1) Gelagat Mafia (1) Geografi (1) Gerakan (1) Gerakan Bawah Tanah (1) Gibran (1) Grace Natalie (1) Gubernur Jateng (1) Gus Nuril (1) Gusti Ora Sare (1) HTI Penunggang (1) Hadiah Tahun Baru (1) Hari Musik Nasional (1) Hiburan (1) Hukuman Mati (1) Hypnowriting (1) Identitas Nusantara (1) Illegal Bisnis (1) Ilmu Pengetahuan (1) Ilusi Identitas (1) Imperialisme Arab (1) Indonesia Berduka (1) Indonesia Damai (1) Indonesia Hebat (1) Injil Minang (1) Intermezzo (1) Internet (1) Intoleransi (1) Investor Asing (1) Islam Nusangtara (1) Istana Bogor (1) Isu Agama (1) Isu Politik (1) J Marsello Ginting (1) Jadi Menteri (1) Jalur Gaza (1) Jangan Surahkan Indonesia (1) Jembatan Udara (1) Jenderal Moeldoko (1) Jenderal Team Jkw (1) Jilid Milenial (1) Jiplak (1) Jokowi 3 Periode (1) Jokowi Peduli (1) Jualan Agama (1) Jurus Pemerintah (1) Jusuf Kalla (1) Kadrun (1) Kambing Hitam (1) Kampus Terpapar Radikalisme (1) Kasus BUMN (1) Kasus Keluarga (1) Kebusukan Hati (1) Kecelakaan (1) Kehilangan Tuhan (1) Kehilangan WNI (1) Kekuasaan (1) Kekuatan China (1) Kemengan Jokowi (1) Kena Efisensi (1) Kepribadian (1) Keputusan Pemerintah (1) Kerusuhan 22 Mei (1) Kesaksian Politikus (1) Keseahatan (1) Ketum PSI (1) Kitab Suci (1) Kode Etik (1) Komnas HAM (1) Komunis (1) Konglomerat Pendukung (1) Kopi (1) Kota Bunga (1) Kota Misteri (1) Kota Modern (1) Kota Zek (1) Kredit Macet (1) Kuliah Uamum (1) Kunjungan Jokowi (1) Kurang Etis (1) LPAI (1) Lagu Utk Jokowi (1) Lahan Basah (1) Larangan Berkampanye (1) Larangan Pakaian (1) Lawan Rasa Takut (1) Leadership (1) Legaci Jokowi (1) Lindungi Jokowi (1) Lintas Dinamika (1) Luar Biasa (1) MPG (1) Mabok Agama (1) Mafia Ekonomi (1) Mafia Tanah (1) Mahakarya (1) Mahkamah Agung (1) Manfaat Vaksin (1) Mari Tertawa (1) Masa Kampanye (1) Masalah BUMN (1) Matematika (1) Membunuh Sains (1) Mempengaruhi Musuh (1) Mempengaruhi Orang (1) Mendisplinkan Siswa (1) Mengharukan (1) Menghasut Pemerintah (1) Menghina Lambang Negara (1) Mengulas Fakta (1) Menjaga Indonesia (1) Menjaga Jokowi (1) Menjelang Pemilu (1) Menjlang Pelantikan (1) Menko Polhukam (1) Menteri (1) Menteri Agama (1) Menteri Sosial (1) Menydihkan (1) Mesin Pembantai (1) Minuman Keras (1) Model Tulisan (1) Muhamad Ginting (1) Mumanistik (1) Muslim Prancis (1) Musu RI (1) Musuh Dlm Selimut (1) Obat Tradisional (1) Oligarki (1) Omnibus Law (1) Oramas Terlarang (1) Orang Baik (1) Orang Beragama (1) Orang Bodoh (1) Orang Kaya (1) Ormas Islam (1) Otak Kebalik (1) Overdosis Haram (1) PHK dan Buruh (1) Palestina (1) Panduan (1) Pantau Jakarta (1) Para Makar (1) Parawisata (1) Partai Baru (1) Partai Komunis (1) Pasar Murah (1) Pelarian (1) Pembayaran Utang Negara (1) Pembela Rakyat (1) Pembumian Pancasila (1) Pemerintahan Jayabaya (1) Pemilihan Presiden (1) Pemprov DKI (1) Pencerahan (1) Pencucian Uang (1) Pendukung Lain (1) Penebaran Virus so (1) Pengacau Negara (1) Pengalaman (1) Pengangguran (1) Pengaruh (1) Pengertian Istilah (1) Pengertian Otoritas (1) Penggulingan Rezim (1) Penghianat Bangsa (1) Pengobatan (1) People Power (1) Perang Dunia III (1) Perangi Tetroriis (1) Peraturan (1) Perayaan Natal (1) Percobaan (1) Perguruan Tinggi (1) Peringatan Keras (1) Peristiwa Mei 1998 (1) Pernikahan (1) Pernyataan ISKA (1) Pertamina (1) Pertemuan Politik (1) Pesan Gus Nuril (1) Pesan Habib (1) Peta Politik (1) Pidato Prisiden RI (1) Pil Pahit Srilanka (1) Pilkada 2018 (1) Pilkada Solo (1) Pilpres Curang (1) Pimpinan MPR (1) Politik Agama (1) Politik Catur Jkw (1) Politik Kepentingan (1) Politik LN (1) Politik Uang (1) Politikus (1) Pollitik (1) Profesional (1) Propaganda (1) Propaganda Firehose (1) Psikoanalisa (1) Psikologi Praktis (1) Puisi (1) Pulau Terindah (1) Quick Count (1) RUU Kadrun (1) Raja Bonar (1) Raja Debat (1) Raksasa (1) Rakyat Kecil (1) Realita Politik (1) Rekam Jejak (1) Rekapitulasi DPS (1) Reklamasi Pulau (1) Remix Sunda (1) Rendah Hati (1) Reungan Politik (1) Rhenald Kasali (1) Risma (1) Ruhut P Sitompul (1) Saksi Yehuwa (1) Sangat Canggih (1) Scandal BLBI (1) Seharah Pers (1) Sehat Penting (1) Sejarah Politik (1) Sekilas Info (1) Selamat Imlek (1) Sembuhkan Jiwasraya (1) Seni (1) Seniman Bambu (1) Shanzhai (1) Sidak Harga (1) Sidang MPR (1) Sigmun Freud (1) Silaturahmi (1) Sistem Informasi (1) Skema Kerusuhan (1) Skenario 22 Mei (1) Skenario Demonstrans (1) Skripsi (1) Soekarno (1) Stasiun KA (1) Suku Minang (1) Sumber Inspirasi (1) Super Power (1) Superkarya (1) Syirianisasi (1) System Informasi (1) TKA Siapa Takut (1) Tahun Kampret (1) Taliban (1) Tanda Kehormatan (1) Tanda Zaman (1) Tanggapan Atas Pidato (1) Tanya Jawab (1) Tebang Pilih (1) Teori Kepribadian (1) Terkaya Indonesia (1) Terorisme (1) Terrorisme (1) Tidak Becus Kerja (1) Tindakan Makar (1) Tingkat Kemiskinan (1) Tinjauan Filsafat (1) Tips dan Trik (1) Toleransi Identitas (1) Travelling (1) Tuan Rumah (1) Tukang Kayu (1) UU Cipta Kerja (1) Ucapan Gong Xi Fat Choi (1) Ulama Bogor (1) Ulasan Berita (1) Ulasan Suriah (1) Ustadz Bangsa (1) Via Vallen (1) Virus Covid-15 (1) Wajib Baca (1) Wakil Tuhan (1) Wali Kota (1) Wanita Kartini (1) Wewenang (1) Yusril Blakblakan (1) breaing news (1) karo (1) kontemporer (1) tari (1)